Senin, 02 Oktober 2017

ALIH FUNGSI MALL MENJADI PASAR TRADISIONAL KAGETAN YANG SUPER RAMAI


Banto Trade Center tampak depan

Ini adalah Banto Trade Centre Bukittinggi. Pada awalnya bangunan yang megah ini dibangun untuk menjadi pusat perbelanjaan seperti layaknya Mall-Mall besar lainnya. Bahkan kalau tidak salah dulu saya sempat melihat ada CFC di sini.

Tapi berbeda dengan yang kita lihat sekarang. Tempat ini beralih fungsi dengan sendirinya menjadi sebuah pasar yang sangat padat pengunjung pada pagi hari.

kenapa bisa begitu....?
Inilah hebatnya masyarakat Minangkabau. Dimana mereka lebih memilih berbelanja di pasar-pasar tradisional ketimbang Mall-Mall besar. Karna bagi mereka harga menjadi patokan utama, juga hebatnya masyarakat di sini tidak termakan oleh hedonisme.


sisi kanan Banto Trade Centre

Di sini seharusnya merupakan pintu masuk BTC, tapi sekarang terisi penuh oleh para penjual dan pembeli berbagai sayuran dan buah.

Ice, penjual berbagai macam kerupuk

Masuk ke dalam saya bertemu dengan Ice, seorang penjual berbagai macam kerupuk yang kalau siang hari ia sudah berada di sawah dangka untuk menggoreng karupuak sanjai di TUNGKU KARUPUAK SANJAI milik mak Nar. Dan ia juga merupakan salah satu anak dari pemilik tungku tersebut.

Untuk memanfaatkan waktu menunggu gilirannya bekerja ia berjualan di pasar ini sebentar. Lumayan.. buat tambah-tambah.


penjual Taruang Manggih

Di sini ada sayuran yang saya belum pernah melihatnya, dan ketika saya tanya pada si penjual ternyata namanya adalah Taruang Manggih. Katanya rasanya manis dan cara memasaknya sama saja dengan terong biasa. Hanya saja rasanya lebih manis dan bentuknya bulat besar. Karna penasaran akhirnya saya membeli seikat untuk dicoba.


bagian beakang Banto Trade Centre

Bahkan bukan hanya di sisi Depan saja, BTC ramai dengan penjual dan pembeli sampai ke bagian belakang gedung.

Tapi sayangnya pasar ini tidak lama.. paling-paling hanya sampai hampir tengah hari mereka sudah bubar karna mereka rata-rata adalah petani yang ingin menjual hasil kebunnya secara langsung. Dan BTC terlihat sangat lengang seperti bangunan yang lama ditinggalkan, namun masih ada beberapa toko yang masih buka juga sih...











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya dan silahkan berkomentar dengan sopan dan saling berbagi ilmu yang bermanfaat.